Langsung ke konten utama
5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan, Jadilah Pribadi Tangguh! – Rasa takut terhadap sesuatu hal adalah wajar terjadi, namun jika perasaan takut tersebut berlebihan tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda secara keseluruhan.


Rasa takut yang menyelimuti akan menghalangi seseorang mencapai tujuan di masa depan dan tidak bersedia untuk mencoba sesuatu hal yang baru.



Ada banyak hal buruk yang bisa menimpa seseorang saat mereka memiliki perasaan takut secara berlebihan. Anda bisa merasa stres dan akhirnya menyebabkan seseorang membuat keputusan yang salah.

Pikiran akan terbebani dengan pikiran negatif dan selalu merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Pikiran yang negatif akan merusak kepercayaan diri Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan, jadilah pribadi tangguh!


1 Mengakui Bahwa Anda Perlu     Berubah


Jangan pernah menyangkal perasaan takut yang ada di dalam diri Anda, akui kelemahan tersebut dan miliki tekad untuk berubah menjadi lebih baik.
Perubahan tidak bisa dilakukan secara langsung, lakukan secara bertahap dan perlahan untuk mengahadapi rasa takut atas sesuatu.

2 Anda yang Memiliki Kendali Terhadap Rasa Takut


Satu-satunya orang yang bisa mengendalikan apa yang dirasakan dan apa yang dipikirkan adalah diri Anda sendiri.
Saat terlintas rasa takut di dalam diri, maka jelaskan ke dalam diri Anda bahwa itu adalah perasaan yang wajar. Kuatkan mental Anda untuk berani menghadapi rasa takut yang terlintas di dalam pikiran.

3 Dukungan Dari Faktor Lain


Beberapa faktor di luar diri Anda sangat berdampak pada kehidupan secara keseluruhan. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi yang bisa membantu tubuh merasa lebih tenang dan berenergi.
Pilih lingkungan kerja dan pakaian yang membantu Anda tetap bersemangat dan lebih baik dari sebelumnya. Atau bisa juga mendengarkam musik favorit yang bisa mengubah emosi menjadi lebih baik.

4 Anda Luar Biasa


Jika merasa takut dan lemah akan sesuatu hal, buatlah sebuah jurnal yang berisi tentang berbagai kelebihan, pencapaian, keberhasilan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Tindakan yang dilakukan akan membantu Anda lebih percaya diri dan bisa lebih meningkatkan perasaan positif saat rasa takut menyerang.

Jadikan hal-hal hebat yang pernah dilakukan sebagai pengingat di saat Anda merasa ketakutan akan sesuatu. Jika merasa tidak memiliki kelebihan dan kompetensi yang membanggakan, Anda bisa meningkatkannya melalui proses pembelajaran.

Mulai mendengarkan podcast, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan di bidang yang Anda sukai. Bagaimana dengan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti pendidikan tersebut?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah tersedia pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa dimanfaatkan. KoinPintarmenawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka.

Hal yang penting untuk diingat adalah fasilitas pinjaman dana yang ditawarkan oleh KoinPintar juga bisa dimanfaatkan untuk mengikuti pendidikan formal.

Dengan adanya kemudahan di atas, jangan lagi menjadikan biaya pendidikan sebagai kendala untuk tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkualitas.

5 Dapatkan Dukungan Dari Orang Terdekat


Saat sedang berjuang mengatasi rasa takut, pastikan ada orang terdekat di sekitar yang akan mendukung mu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara menghilangkan pikiran negatif

Apakah Anda tidak bosan dengan pikiran negatif yang melintas dikepala sepanjang hari? Anda ingin menyingkirkannya tapi tidak bisa. Ini karena otak diprogram dengan pikiran negatif. Pemikiran negatif bisa menghilangkan ketenangan pikiran kita, bisa membuat masalah yang tidak pernah benar-benar ada seakan nyata. Pikiran negatif, jika tidak dikendalikan, bisa menghilangkan kebahagiaan. Cara Menghilangkan Pikiran Negatif 1 Bergaul atau Berteman dengan Orang yang Berpikir Positif Bergaul dengan teman-teman yang memiliki pikiran positif akan memudahkan kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Menurut penelitian, mahasiswa lebih cenderung meniru perilakunegatif teman sekamar mereka, seperti rasa khawatir yangberlebihan dan terlalu serius menghadapi segala sesuatu. Ini disebut ruminasi. Oleh sebab itu, memilih teman yang tepat dalam pergaulan dan sebisa mungkin menjauh dari perilaku negatif dari teman dapat membantu Anda menjauhi pikiran negatif. Hang out dengan teman yang selalu

Pola pikir untuk menjadi kaya raya

Pola Pikir Seperti Ini yang Buat Anda Jadi Kaya, Tetap Kaya dan Lebih Bahagia 1. Begitu punya uang, atur pengeluaran dengan pola 50/30/20 Begitu ada uang, segera tentukan anggaran dalam tiga kategori. Kamu bisa memakai pola 50%, 30% dan 20% untuk gampangnya. Anggaran 50% digunakan untuk kebutuhan pokok, seperti : makan, uang sewa, transportasi, atau kebutuhan sehari-hariAnggaran 30% digunakan untuk hedon, seperti : bioskop, mall, nongkrong, hobi, dstAnggaran 20% langsung masukan tabungan. Walau ada tabungan, kamu jangan sampai tergoda untuk dipakai hal-hal yang ngga penting. Usahakan 20% itu tetap utuh sampai bulan berikutnya. Lantaran kamu nggak tahu apa yang terjadi esok hari. 2. Beli barang diskonan dan borongan Kamu nggak usah gengsi membeli barang diskonan. Karena barang diskonan sudah jelas nggak bikin kamu keringat dingin waktu ngeluarin uang. Intinya kan kamu membeli benda berdasarkan kebutuhan. Terutama ketika keuanganmu belum 100% stabil. Selain membeli baran