Langsung ke konten utama

Cara mempertahankan hubungan

Semua pasangan yang sudah lama menjalani hubungan pasti pernah menghadapi perbedaan dan konflik, sebahagia apapun mereka. Sehingga mereka lebih rajin mencari-cari tahu bagaimana cara mempertahankan hubungan.

Ada banyak sekali cara mempertahankan hubungan. Kamu bisa mengetahuinya dari teman, media massa, hingga relationship coach. Setiap saran yang kamu terima bisa kamu seleksi agar sesuai dengan kondisi hubungan. Namun, masih cukup banyak pasangan yang semestinya wajib melakukan 7 cara mempertahankan hubungan ini, tetapi mereka lupa atau malas melakukannya sehingga mereka cepat jenuh bahkan putus dalam hubungan!

1. Menunjukkan Kepedulian Kamu yang Besar Pada Pasangan


Setelah cukup lama menjalani hubungan, ada kalanya kamu lupa menunjukkan kepedulian kamu pada pasangan. Akan tetapi, dengan menunjukkan kepeduliankamu padanya dengan cara kecil, seperti memberikan hadiah, membawakan dia makanan favoritnya, atau memeluk dan mencium dia setiap harinya, memberikan pengaruh yang sangat besar dalam keharmonisan hubungan.

2. Menjaga Privasi Pasangan Dari Teman-Teman Kamu


Banyak pasangan yang masih lupa untuk menjaga dan menghormati privasi pasangan dari teman-teman kamu, khususnya teman yang tidak terlalu kamu kenal. Pasti kamu pernah tergoda untuk menceritakan rahasia pasangan kamu sebagai bahan gosip pribadi, tetapi kamu pasti tahu pasangan tidak akan suka kalau kamu membocorkan rahasianya seperti itu. Pada akhirnya, salah satu kunci hubungan sukses adalah kalau kamu bisa menjaga privasi dan batasan diripasangan.

3. Bersikap Terbuka Pada Pasangan, Meski Kamu Merasa Tidak Nyaman


Terbuka dan jujur secara emosional memang tidak nyaman untuk sebagian orang. Menyimpan perasaan dan pikiran kamu dari pasangan memang sangat mudah untuk dilakukan karena kamu tidak ingin menyakiti pasangan. Akan tetapi, bersikap terbuka dan jujur pada pasangan sangatlah penting dalam berkomunikasi secara sehat. Kamu akan menghindari kesalahpahaman serta komunikasi lainnya yang tidak sehat.

4. Menggunakan Kata “Aku” Saat Bertengkar


Menggunakan kata “aku” memang terkesan sepele, tetapi sangat berdampak besar dalam berkomunikasi dengan sehat.Ketimbang menggunakan kata “kamu” yang pastinya membuat pasangan merasa dituduh dan dihakimi olehmu, gunakan kata “aku”. Misalnya, “Kamu nggak pernah perhatian sama aku!” gantikan menjadi, “Waktu aku lagi kesepian tapi kamunya sibuk banget kerja di kantor, aku ngerasa nggak diperhatiin sama kamu…”

5. Menonton Film Tentang Relationship Berdua Ternyata Juga Termasuk Cara Mempertahankan Hubungan!


Film yang dimaksud tidak hanya film biasa, tetapi film yang secara spesifik membahas atau bertemakan relationship. Sebuah penelitian di University of Rochester mengungkapkan bahwa pasangan yang menonton film seminggu sekali tentang relationship lalu mendiskusikannya bersama usai nonton akan menuai dampak positif yang tidak jauh berbeda dengan yang dirasakan pasangan yang berkonsultasi dengan seorang konselor. Para ahli beranggapan bahwa membahas relationship yang ada di film dapat memberi kesadaran diri kepada pasangan yang menonton. Jadi, jangan malu-malu lagi nonton film drama danromcom berdua, ya!

6. Melakukan Aktivitas Baru Bersama-sama


Pasangan yang melakukan aktivitas baru berdua, seperti mengambil kursus bersama, travelling ke kota baru, melakukan hobi bersama dapat membantu kamu dan pasangan berkembang ke arah yang sama ketimbang menjauh dari satu sama lain.

7. Meluangkan Waktu Tambahan Minimal 6 Jam Setiap Minggunya Untuk Pasangan


Pasangan yang meluangkan waktu bersama setidaknya 6 jam seminggu berpotensi besar untuk memiliki hubungan yang lebih baik. Agar waktu kamu tidak terbebani, bagi 6 jam tersebut menjadi satu minggu setiap harinya selama 6 hari seminggu untuk pasangan. Kalian bisa menghabiskannya dengan nonton film berdua, menikmati sarapan atau makan siang berdua saat istirahat, atau hanya duduk berdua menikmati kopi di kafe. Kelihatannya sangat sepele, tetapi sangat membantu untuk menciptakan hubungan yang lebih sehat di masa depan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan, Jadilah Pribadi Tangguh! – Rasa takut terhadap sesuatu hal adalah wajar terjadi, namun jika perasaan takut tersebut berlebihan tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda secara keseluruhan. Rasa takut yang menyelimuti akan menghalangi seseorang mencapai tujuan di masa depan dan tidak bersedia untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Ada banyak hal buruk yang bisa menimpa seseorang saat mereka memiliki perasaan takut secara berlebihan. Anda bisa merasa stres dan akhirnya menyebabkan seseorang membuat keputusan yang salah. Pikiran akan terbebani dengan pikiran negatif dan selalu merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Pikiran yang negatif akan merusak kepercayaan diri Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan, jadilah pribadi tangguh! 1 Mengakui Bahwa Anda Perlu     Berubah Jangan pernah menyangkal perasaan takut yang ada di dalam diri Anda, a

cara menghilangkan pikiran negatif

Apakah Anda tidak bosan dengan pikiran negatif yang melintas dikepala sepanjang hari? Anda ingin menyingkirkannya tapi tidak bisa. Ini karena otak diprogram dengan pikiran negatif. Pemikiran negatif bisa menghilangkan ketenangan pikiran kita, bisa membuat masalah yang tidak pernah benar-benar ada seakan nyata. Pikiran negatif, jika tidak dikendalikan, bisa menghilangkan kebahagiaan. Cara Menghilangkan Pikiran Negatif 1 Bergaul atau Berteman dengan Orang yang Berpikir Positif Bergaul dengan teman-teman yang memiliki pikiran positif akan memudahkan kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Menurut penelitian, mahasiswa lebih cenderung meniru perilakunegatif teman sekamar mereka, seperti rasa khawatir yangberlebihan dan terlalu serius menghadapi segala sesuatu. Ini disebut ruminasi. Oleh sebab itu, memilih teman yang tepat dalam pergaulan dan sebisa mungkin menjauh dari perilaku negatif dari teman dapat membantu Anda menjauhi pikiran negatif. Hang out dengan teman yang selalu

Pola pikir untuk menjadi kaya raya

Pola Pikir Seperti Ini yang Buat Anda Jadi Kaya, Tetap Kaya dan Lebih Bahagia 1. Begitu punya uang, atur pengeluaran dengan pola 50/30/20 Begitu ada uang, segera tentukan anggaran dalam tiga kategori. Kamu bisa memakai pola 50%, 30% dan 20% untuk gampangnya. Anggaran 50% digunakan untuk kebutuhan pokok, seperti : makan, uang sewa, transportasi, atau kebutuhan sehari-hariAnggaran 30% digunakan untuk hedon, seperti : bioskop, mall, nongkrong, hobi, dstAnggaran 20% langsung masukan tabungan. Walau ada tabungan, kamu jangan sampai tergoda untuk dipakai hal-hal yang ngga penting. Usahakan 20% itu tetap utuh sampai bulan berikutnya. Lantaran kamu nggak tahu apa yang terjadi esok hari. 2. Beli barang diskonan dan borongan Kamu nggak usah gengsi membeli barang diskonan. Karena barang diskonan sudah jelas nggak bikin kamu keringat dingin waktu ngeluarin uang. Intinya kan kamu membeli benda berdasarkan kebutuhan. Terutama ketika keuanganmu belum 100% stabil. Selain membeli baran