Langsung ke konten utama

cara menghilangkan rasa malas

Setiap orang tentunya pernah merasakan kehilangan motivasi atau keinginan untuk melakukan suatu hal. Rasa ini biasa disebut dengan rasa malas. Pada titik tertentu rasa malas bisa sangat menghambat pekerjaan seseorang dan tentunya akan merugikan kehidupan orang itu sendiri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa malas yang terkadang datang tiba-tiba ini?



Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh

1. Cari tahu penyabab malas yang dialami

Jika ingin mengetahui cara menghilangkan rasa malas, hal pertama yang sebenarnya Anda harus lakukan adalah mengetahui penyebab malas itu sendiri. Penyebab malas melakukan suatu aktivitas sangat beragam mulai dari bosan dengan rutinitas, kehilangan motivasi untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan, atau bisa juga akibat takut atau karena kewalahan.

Setelah mengetahui penyebab malas yang dialami, mulailah untuk mencari solusi untuk masalah tersebut dan mulai temukan semangat kembali untuk mengerjakan hal yang memang seharusnya dikerjakan.

2. Ingat tujuan awal

Cara menghilangkan rasa malas yang ampuh selanjutnya adalah dengan mengingat tujuan awal dari hal yang akan dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hampir selalu bersemangat ketika memulai pekerjaan atau aktivitas yang baru dilakukan. Hal ini kemungkinan terjadi karena kita masih mengingat dengan jelas tujuan melakukan pekerjaan tersebut.

Jika rasa malas sudah timbul, ingatlah kembali tujuan awal Anda. Menemukan makna dan tujuan dari hal yang kita kerjakan akan sangat membantu kita untuk kembali bersemangat melakukan kegiatan tersebut.

3. Lakukan pekerjaan dengan cara yang menyenangkan

Rasa malas bisa datang karena rasa bosan. Salah satu cara menghilangkan rasa malas akibat bosan adalah dengan mengubah cara kerja Anda. Kegiatan yang umumnya membuat bosan adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin. Agar rasa bosan dan malas hilang, Anda bisa melakukan kegiatan dengan sentuhan berbeda.

Contohnya seperti jika Anda bosan pergi kerja dengan kendaraan yang sama setiap harinya. Cobalah untuk mencoba alternatif kendaraan lain untuk mengatasi rasa bosan. Contoh lain adalah jika Anda merasa bosan dengan suasana meja kerja Anda. Cobalah sesekali bekerja di luar atau bertukar meja dengan rekan lain untuk menemukan suasana baru.

4. Waktu beraktivitas dan istirahat yang seimbang

Waktu beraktivitas dan istirahat yang tidak seimbang bisa membuat Anda merasa kelelahan sehingga kehilangan minat dan motivasi untuk berkegiatan. Rajin bekerja memang baik, tapi jangan pernah lupakan waktu untuk isirahat. Lalu, bagaimana cara menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan istirahat?

Caranya sangat mudah, maksimalkanlah setiap waktu istrirahat Anda, pada saat makan siang misalnya. Jika sudah waktu pulang dari bekerja dan saat akhir pekan, fokuslah pada kehidupan pribadi dan lupakan sejenak tentang pekerjaan. Jika merasa lelah di sela-sela bekerja, istirahat 10-15 menit untuk me-refresh otak bisa dilakukan.

5. Buat daftar hal yang harus dilakukan

Membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan atau bisa disebut dengan ‘to do list’ sangat efektif sabagai cara menghilangkan rasa malas bagi sebagian orang. Sering kali jika banyak kegiatan yang harus dilakukan, kita kesulitan untuk memilih apa yang harus dilakukan lebih dulu dan justru berkhir dengan bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun.

Daftar ini akan memudahkan Anda untuk menyusun prioritas kegiatan yang mana yang lebih dulu harus dilakukan dan diselesaikan sebelum pekerjaan lainnya. Selain itu, dengan adanya daftar ini, kemungkinan kecil akan ada pekerjaan yang terlewat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Untuk Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan, Jadilah Pribadi Tangguh! – Rasa takut terhadap sesuatu hal adalah wajar terjadi, namun jika perasaan takut tersebut berlebihan tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda secara keseluruhan. Rasa takut yang menyelimuti akan menghalangi seseorang mencapai tujuan di masa depan dan tidak bersedia untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Ada banyak hal buruk yang bisa menimpa seseorang saat mereka memiliki perasaan takut secara berlebihan. Anda bisa merasa stres dan akhirnya menyebabkan seseorang membuat keputusan yang salah. Pikiran akan terbebani dengan pikiran negatif dan selalu merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Pikiran yang negatif akan merusak kepercayaan diri Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi rasa takut yang berlebihan, jadilah pribadi tangguh! 1 Mengakui Bahwa Anda Perlu     Berubah Jangan pernah menyangkal perasaan takut yang ada di dalam diri Anda, a

cara menghilangkan pikiran negatif

Apakah Anda tidak bosan dengan pikiran negatif yang melintas dikepala sepanjang hari? Anda ingin menyingkirkannya tapi tidak bisa. Ini karena otak diprogram dengan pikiran negatif. Pemikiran negatif bisa menghilangkan ketenangan pikiran kita, bisa membuat masalah yang tidak pernah benar-benar ada seakan nyata. Pikiran negatif, jika tidak dikendalikan, bisa menghilangkan kebahagiaan. Cara Menghilangkan Pikiran Negatif 1 Bergaul atau Berteman dengan Orang yang Berpikir Positif Bergaul dengan teman-teman yang memiliki pikiran positif akan memudahkan kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Menurut penelitian, mahasiswa lebih cenderung meniru perilakunegatif teman sekamar mereka, seperti rasa khawatir yangberlebihan dan terlalu serius menghadapi segala sesuatu. Ini disebut ruminasi. Oleh sebab itu, memilih teman yang tepat dalam pergaulan dan sebisa mungkin menjauh dari perilaku negatif dari teman dapat membantu Anda menjauhi pikiran negatif. Hang out dengan teman yang selalu

Pola pikir untuk menjadi kaya raya

Pola Pikir Seperti Ini yang Buat Anda Jadi Kaya, Tetap Kaya dan Lebih Bahagia 1. Begitu punya uang, atur pengeluaran dengan pola 50/30/20 Begitu ada uang, segera tentukan anggaran dalam tiga kategori. Kamu bisa memakai pola 50%, 30% dan 20% untuk gampangnya. Anggaran 50% digunakan untuk kebutuhan pokok, seperti : makan, uang sewa, transportasi, atau kebutuhan sehari-hariAnggaran 30% digunakan untuk hedon, seperti : bioskop, mall, nongkrong, hobi, dstAnggaran 20% langsung masukan tabungan. Walau ada tabungan, kamu jangan sampai tergoda untuk dipakai hal-hal yang ngga penting. Usahakan 20% itu tetap utuh sampai bulan berikutnya. Lantaran kamu nggak tahu apa yang terjadi esok hari. 2. Beli barang diskonan dan borongan Kamu nggak usah gengsi membeli barang diskonan. Karena barang diskonan sudah jelas nggak bikin kamu keringat dingin waktu ngeluarin uang. Intinya kan kamu membeli benda berdasarkan kebutuhan. Terutama ketika keuanganmu belum 100% stabil. Selain membeli baran